CONTACT US

Silahkan hubungi kami untuk merencanakan kebutuhan assesment Anda

Pernah merasa kesulitan dalam menerima informasi ataupun instruksi dalam bekerja? Menjadi bertanya-tanya apakah kamu memang tidak tepat di posisi itu? Atau ada faktor lain yang tidak kamu ketahui?

oleh Jay
Artikel

Setiap individu memiliki cara yang berbeda dalam menerima informasi. Ada yang terkesan lebih cepat, namun ada yang cenderung lambat. Walaupun informasi yang diberikan sama, namun pemahaman yang ditangkap bisa memiliki arti yang berbeda.

Pada dasarnya ada 7 jenis penerimaan informasi yang dimiliki setiap orang. Ada orang yang lebih mudah menyerap informasi secara tekstual, infogradi, videografi, ada yang lebih mudah melalui penjelasan bahasa literal, bahasa perumpamaan / kiasan, dan ada juga yang lebih mudah bila menerima informasi sambil praktek langsung maupun dengan melakukan gerakan / aktivitas-aktivitas kecil.

Orang yang cenderung dominan di tekstual, akan lebih mudah memahami informasi bila tersampaikan dalam bentuk text tertulis (bacaan). Bagi orang yang cenderung kuat di bahasa literal lebih mudah menyerap informasi apabila dijelaskan secara to the point. Sama halnya dengan orang yang cenderung kuat di penerimaan informasi melalui gerakan motorik halus, cenderung memerlukan aktivitas motorik kecil dalam dirinya seperti menggerakan kaki, memainkan pulpen, mengetuk meja dengan jari, dll.

Namun apabila dalam kondisi seperti contoh di atas, dimana seseorang memiliki gaya penerimaan informasi yang cenderung dominan di beberapa gaya, maka dapat dikatakan bahwa orang tersebut dapat menerima informasi dengan lebih dari satu cara karena pada dasarnya semua orang memiliki ke-7 cara ini. Hanya saja apabila kita dapat mengetahui cara mana yang paling dominan di diri kita masing-masing, maka kita dapat lebih mengoptimalkan cara-cara tersebut ketika kita hendak mempelajari sesuatu, agar proses pembelajaran dan penerimaan informasi dapat berjalan lebih efektif.

Nah, bagi yg merasa lambat dalam memahami informasi, jangan minder dulu ya. Belum tentu karena kamu tidak berbakat / kurang atas bidang yg sedang dikerjakan. Bisa saja karena cara penyampaian informasi tersebut kurang sesuai dengan gaya yang ada pada karaktermu.

Jay Adinata

@jay.adinata
© Copyright 2021 Cavlent