CONTACT US

Silahkan hubungi kami untuk merencanakan kebutuhan assesment Anda

Dalam bekerja, mana yang sebaiknya kita ikuti? potensi atau minat?

oleh Jay
Artikel

Kondisi paling ideal adalah ketika pekerjaan yang kita minati sesuai dengan potensi yang ada dalam diri. Namun pada kenyataannya dalam banyak kasus bukan hal ini yang terjadi. Jadi, bagaimana dengan orang yang memiliki potensi dan minat yang tidak sejalan dalam menjalani pekerjaan atau berkarier?

Beberapa orang akan merasa sudah bekerja sesuai bidang yang mereka minati, tapi tidak pernah mendapatkan hasil yang optimal karena ternyata potensi mereka tidak sepenuhnya menunjang bidang tersebut. Sebaliknya, ada yang bekerja di bidang yg memang sesuai dengan potensinya, namun merasa terbeban dan tidak nyaman karena tidak sepenuhnya menyukai dan berminat terhadap bidang tersebut.

Nah, bagaimana kita harus menyiasati kondisi ini?

Hal pertama yang perlu untuk dilakukan adalah dengan mengukur pola perilaku, karakter, potensi, sikap, dan minat yang ada dalam diri kita. Pengukuran yang dimaksud dalam hal ini, bukan menggunakan feeling, namun menggunakan metode ilmiah yang tepat, teruji, dan objektif (metode test Cavlent dapat mengukur hal ini).

Singkatnya, bila hasil tes menunjukkan hasil bahwa kita adalah orang yang memiliki karakter gigih dan tidak mudah menyerah, akan lebih mudah untuk bekerja mengikuti minat. Karena sesulit apapun pekerjaan kita (meskipun potensi kita kurang menunjang), sikap gigih yang dimiliki secara disadari ataupun tidak akan mendorong kita untuk lebih optimal berusaha dalam menguasai bidang kerja tersebut, dan secara tidak langsung akan melatih dan menciptakan kemampuan yang dibutuhkan untuk melaksanakan pekerjaan secara maksimal.

Namun sebaliknya. bila hasil analisa tes menunjukkan hasil bahwa kita adalah orang yang kurang gigih dan ada kecenderungan mudah menyerah dalam menghadapi masalah, maka sebaiknya kita bekerja sesuai potensi yang ada. Meskipun kita tidak berminat akan pekerjaan tersebut, namun dikarenakan pada dasarnya kita memiliki potensi yang terkait, membuat pekerjaan tersebut secara tidak langsung akan lebih mudah dikerjakan dan diselesaikan.

Pada prinsipnya tidak ada pedoman yang benar atau salah untuk bekerja sesuai potensi maupun minat. Yang lebih tepat adalah bila kita memilih pekerjaan yang sesuai dengan karakter, potensi, dan sikap diri kita untuk menentukan pekerjaan dan karier yang ingin kita jalani.

Jay Adinata

@jay.adinata
© Copyright 2021 Cavlent