CONTACT US

Silahkan hubungi kami untuk merencanakan kebutuhan assesment Anda

WereldPsycho sebagai forum data riset psikologi modern

Artikel

WereldPsycho adalah sebuah forum pengembangan dan riset psikologi modern yang berbasis di Belanda, yang terdiri dari beberapa pakar psikologi dan diketuai oleh DR. Abraham, M PhD. Forum ini terbentuk pada tahun 2005 dan bertujuan untuk mengembangkan kekayaan ilmu dari psikologi melalui serangkaian riset dan analisa yang mengacu pada perilaku manusia.

Pada tahun 2010, Ir. Hans Tjahjadi, analis dan ketua riset di Equity Indonesia, yang merupakan salah satu kontributor dan pengembang riset di forum WereldPsycho Belanda, menemukan beberapa pengembangan dari ilmu yang ditemukan oleh DR. Abraham, yaitu Indeks Perilaku Manusia (Human Behavioural Indices). Hasil riset ini pun kemudian telah divalidasi oleh badan WereldPsycho Belanda seperti BPCA (Brain Psychological Character Analysis) sebagai dasar analisa yang digunakan oleh Equity Indonesia, yang merupakan rekanan dari Cavlent.

Kemudian pada bulan Oktober tahun 2011, Bpk. Hans diberi kepercayaan oleh ketua WereldPsycho untuk mendirikan dan mengembangkan forum ini di wilayah Asia dan Australia.

WereldPsycho sebagai lembaga riset psikologi mengembangkan ilmu psikologi modern dengan teknik analisa psikologi berdasarkan ilmu psikologi umum dan kemajuan bidang teknologi, yang berdasarkan pada kaidah kaidah standar riset psikologi dan terbuka terhadap perubahan kultur dunia. Hal ini menyebabkan WereldPsycho mampu menyajikan suatu analisa yang lengkap melalui beberapa jenis psikotes-nya, antara lain:

Psikotes dalam bentuk Questionnaire

  • TIC (Type Indicator Character) adalah psikotes dengan menjawab pertanyaan berdasarkan pola perilaku manusia untuk mendapatkan pola perilaku, karakter dan potensi.
  • IMT (Intelligences Measure Test) adalah test IQ.

Psikotes dalam bentuk Observasi

  • BOT (Behavioral Observation Test) adalah psikotes yang berbasis observasi pada 13 pola perilaku.
  • BLT (Basic Learning Test) adalah observasi tentang kemampuan dasar anak untuk menganalisa kesiapan belajarnya.
  • Satisfaction Life Test adalah teknik observasi untuk melihat tingkat kepuasan hidup dan menemukan masalah yang dihadapi, serta untuk melihat keterkaitan antara masalah yang dihadapinya. Teknik ini sangat membantu psikolog untuk mengurai masalah dan menemukan kunci masalah ketika melakukan proses konsultasi.

Psikotes dari pengamatan biometrik tubuh

  • FTC (fingerprint talent character) adalah analisa karakter dan potensi bawaan lahir berdasarkan pola sidik jari. Jenis tes ini akurat untuk anak berusia dibawah 5 tahun.
  • FTC plus adalah analisa fingerprint dengan menggabungkan observasi TIC untuk melihat perubahan karakter bawaan lahir yang disebabkan oleh faktor lingkungan. Tes ini akurat untuk usia maksimal 10 tahun.
  • Physiognomy (kontur mata) adalah analisa pengaruh emosi terhadap karakter manusia.
  • Blood Test adalah analisa kecenderungan karakter bawaan lahir yang dilihat berdasarkan pada dikotomi golongan darah client dan orang tua client.
  • ISPA (Integrated System Psychological Analysis) adalah jenis tes yang menganalisa dengan melibatkan karakter bawaan lahir (fingerprint, blood test) yang dibandingkan dengan karakter aktual saat ini (psikotes TIC) dan pengaruh emosi pada saat ini (Physiognomy).

Meskipun semua alat psikotes ini telah tersedia di WereldPsycho, namun belum semua dapat diterapkan karena berbagai faktor pertimbangan.

Bersinergi dengan Equity Indonesia sebagai perwakilan dari WereldPsycho Belanda, alat tes yang digunakan oleh Cavlent, yaitu Type Indicator Character (TIC) yang berdasarkan pola perilaku individu modern (telah mendapatkan sertifikasi dari WereldPsycho, Belanda, pada tahun 2010), dapat menjadi salah satu jalan keluar efektif untuk memetakan perilaku manusia modern. Penggunaan alat tes TIC ini dapat menjawab tantangan dan masalah di bidang psikologi dengan akurasi tinggi berbanding dengan standar validitas psikologi pada umumnya, juga memiliki validasi dan aspek psikologi yang dapat dipertanggung jawabkan.

Andy Hartanto

@ahartant573
© Copyright 2021 Cavlent